Anda belum login :: 30 Apr 2025 07:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dan Strategi Pengajaran Yang Efektif (Penelitian Pada Guru Pembimbing Remaja Sekolah Minggu, Gereja Kristus Bogor)
Bibliografi
Author:
Purwanti, Margaretha
(Advisor);
Beatrice, Amelia
Topik:
Pendidikan Guru
;
Guru Pembimbing Remaja Sekolah Minggu
;
Gereja Kristus Bogor
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Amelia Beatrice's Undergraduated Theses.pdf
(408.7KB;
74 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1258
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pendidikan merupakan unsur utama bagi kemajuan suatu bangsa. Di Indonesia selain pendidikan secara umum, terdapat pendidikan agama yang merupakan bagian integral penting untuk pembangunan bangsa. Pendidikan Agama Kristen (PAK) termasuk di dalamnya. Sekolah Minggu (SM) menjadi wadah PAK yang penting di lingkungan gereja, setelah keluarga. Salah satu tugas SM adalah memberikan PAK yang efektif untuk anak usia dini hingga usia remaja. Penelitian ini memfokuskan pembelajaran untuk anak usia pra-remaja dan remaja, yaitu kelas 5 dan 6 SD, serta kelas 1-3 SMP dan 1-3 SMA. Masa remaja memiliki potensi untuk jatuh ke dalam hal-hal negatif, sehingga gereja perlu memberikan pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang berlangsung efektif sesuai dengan keberadaan diri mereka sebagai remaja. Pengajaran guru yang efektif menjadi salah satu kunci terselenggaranya pendidikan yang efektif. Pengajaran yang efektif ini berarti pengajaran lebih berfokus pada peserta didik, bukan pada guru. Hasil penelitian oleh Harmakaputra (2006) tentang metode pengajaran guru SM bagian remaja di Gereja Kristus Bogor (GKB) menunjukkan bahwa pengajaran yang lebih berfokus pada peserta didik belum sepenuhnya dilakukan oleh guru SM bagian remaja di GKB. Hal ini perlu ditingkatkan dengan mencari tahu hal yang dapat meningkatkan pengajaran agar lebih efektif. Suatu proses belajar mengajar yang efektif terkait pula dengan keberadaan organisasi (Huitt dalam Purwanti, 2005). Kebijakan-kebijakan organisasi, seperti tujuan organisasi dan imbalan gaji bagi karyawan mempunyai implikasi terhadap sikap dan keputusan anggota organisasi untuk bertahan atau meninggalkan organisasi. Komitmen organisasi menjadi faktor yang berperan penting terhadap keputusan tersebut. Disamping itu, komitmen organisasi anggota berperan untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi (Greenberg & Baron dalam Doni, 2004 Organisasi dalam penelitian ini adalah gereja. Karakteristik gereja berbeda dengan karakteristik organisasi pada umumnya. Dengan mempertimbangkan karakteristik organisasi yang berbeda ini, hendak diketahui apakah komitmen organisasi guru SM (sebagai anggota gereja) memiliki hubungan dengan besar kontribusi yang diberikan guru SM (berupa strategi pengajaran yang efektif) bagi gereja. Untuk melihat hubungan ini peneliti menggunakan dua alat ukur berupa skala, yaitu skala komitmen organisasi dan skala strategi pengajaran yang efektif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 21 guru SM yang mengajar pra-remaja dan remaja. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dan strategi pengajaran yang efektif pada guru pembimbing remaja SM di GKB. Kemungkinan hal ini disebabkan karena skala komitmen organisasi hanya mengukur komitmen jangka panjang subyek. Terkait dengan sifat pekerjaan di gereja adalah sukarela, komitmen jangka pendek ini dapat dimiliki juga oleh subyek, dan belum terukur melalui skala komitmen organisasi. Untuk penelitian lanjutan dapat mengubah obyek dari komitmen menjadi komitmen terhadap pekerjaan. Hal ini diharapkan berhubungan dengan strategi pengajaran yang efektif oleh guru SM di GKB karena lebih mengukur komitmen jangka pendek subyek
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)