Anda belum login :: 21 Apr 2025 03:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pemahaman Konsep Perkalian Sebagai penjumlahan Berulang Dengan Media Kacang Merah di SD Tarakanita 3 Patal Senayan
Bibliografi
Author:
JOGIARTHA, YEMIMA HERMAWATI
;
Agustian, Murniati
(Advisor)
Topik:
Perkalian
;
Media benda nyata
;
Persepsi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yemima Hermawati Jogiartha's 1 Undergraduate Theses.pdf
(744.71KB;
2 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-54
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perkalian merupakan salah satu pokok bahasan dalam matematika yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, memakai bahasa simbolis yang universal, dan mencakup bilangan-bulangan. Bila kita
belajar mengenai matematika berarti kita mempelajari sesuatu yang abstrak, yaitu
hal-hal yang berhubungan dengan ide-ide dan menggunakan simbol-simbol. Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami konsep perkalian berasal dari persepsi yang salah dalam perkalian yaitu menghafal dan kendala lainnya adalah
kelemahan guru dalam penggunan variasi metode dan media dalam pembelajaran. Hal inilah yang mendorong peneliti memilih penggunaan media pembelajaran untuk memberikan pemahaman terhadap konsep perkalian sebagai penjumlahan
berulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dan setiap sekilusnya ada 3 kali kegiatan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II A di SD Tarakanita 3 Patal –Senayan. Aspek – aspek yang dinilai dalam setiap siklus adalah penggunaan media kacang merah, penanaman konsep dan perubahan
persepsi pesrta didik terhadap perkalian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran melalui media benda nyata yaitu kacang merah, dapat menanamkan konsep terhadap perkalian sebagai penjumlahan berulang dan prestasi hasil belajarpun meningkat.
Berdasarkan test dan wawancara yang dilakukan kepada peserta didik maka pada setiap siklus terjadi perubahan persepsi peserta didik tentang konsep perkalian, sehingga 100% peserta didik mempunyai persepsi yang sama tentang perkalian
sebagai penjumlahan berulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media nyata kacang merah dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep
perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Dalam penelitian ini diharapkan guru dapat merubah dan menanamkan konsep perkalian dengan media benda nyata lainnya dan sekolah memfasilitasi guru untuk mengikuti seminar atau kegiatan lainnya yang dapat menambah
wawasan guru dalam menanamkan konsep terhadap materi perkalian maupun pelajaran lainnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)