Anda belum login :: 22 Jul 2025 14:54 WIB
Halaman Awal
|
Logon
Hidden
»
Administrasi
»
Detil Koleksi
Detail Koleksi
Peran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Topik FPB dan KPK yang Berkaitan Dengan Soal Cerita di Kelas 5A SD Tarakanita 3 Kebayoran Lama Jakarta Selatan
Bibliografi
Author:
MARYONO, YOHANES
;
Simanullang, Bitman
(Advisor);
CLARA IKA SARI BUDHAYANTI
(Advisor)
Topik:
tutor sebaya
;
soal cerita FPB dan KPK
;
hasil belajar matematika
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yohanes Maryono's 1 Undergraduate Theses.pdf
(715,06KB;
7 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-52
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstrak
Matematika merupakan suatu cara yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, memakai bahasa simbolis yang universal,
dan mencakup bilangan, bentuk, ukuran. Bila kita belajar mengenai matematika berarti kita mempelajari sesuatu yang abstrak, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan ide-ide dan menggunakan imbol-simbol. Sifat khas dari matematika inilah yang membedakan dengan ilmu lainnya merupakan salah satu penyebab
kesulitan siswa dalam belajar matematika.
Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami konsep matematika berasal dari kelemahan guru dalam penggunan variasi metode dan tehknik
mengajar. Hal inilah yang mendorong penulis memilih peran tutor sebaya dalam siklus-siklus pembelajaran matematika dengan tujuan dapat mengatasi kesulitan belajar matematika khususnya soal cerita yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil belajar siswa dalam setiap
siklus cenderung mengalami peningkatan yang nampak pada kenaikan nilai rata – rata kelas. Aspek-aspek yang dinilai dalam proses pembelajaran seperti keaktifan siswa dalam kelompok, partisipasi dalam pemecahan masalah, guru dan peran tutor sebaya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0,109375 second(s)