Anda belum login :: 06 Jun 2025 10:24 WIB
Detail
BukuPeran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Topik FPB dan KPK yang Berkaitan Dengan Soal Cerita di Kelas 5A SD Tarakanita 3 Kebayoran Lama Jakarta Selatan
Bibliografi
Author: MARYONO, YOHANES ; Simanullang, Bitman (Advisor); CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: tutor sebaya; soal cerita FPB dan KPK; hasil belajar matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yohanes Maryono's 1 Undergraduate Theses.pdf (715.06KB; 7 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-52
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Matematika merupakan suatu cara yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari, memakai bahasa simbolis yang universal,
dan mencakup bilangan, bentuk, ukuran. Bila kita belajar mengenai matematika berarti kita mempelajari sesuatu yang abstrak, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan ide-ide dan menggunakan imbol-simbol. Sifat khas dari matematika inilah yang membedakan dengan ilmu lainnya merupakan salah satu penyebab
kesulitan siswa dalam belajar matematika.
Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami konsep matematika berasal dari kelemahan guru dalam penggunan variasi metode dan tehknik
mengajar. Hal inilah yang mendorong penulis memilih peran tutor sebaya dalam siklus-siklus pembelajaran matematika dengan tujuan dapat mengatasi kesulitan belajar matematika khususnya soal cerita yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil belajar siswa dalam setiap
siklus cenderung mengalami peningkatan yang nampak pada kenaikan nilai rata – rata kelas. Aspek-aspek yang dinilai dalam proses pembelajaran seperti keaktifan siswa dalam kelompok, partisipasi dalam pemecahan masalah, guru dan peran tutor sebaya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)