Definisi bauran pemasaran adalah sekumpulan variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dipadukan oleh perusahaan untuk menciptakan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran. Variabel-variabel yang ada dalam bauran pemasaran ada empat, yaitu: produk, harga, tempat, dan promosi. Sedangkan dalam perusahaan jasa, ada tiga unsur lagi yaitu: sumber daya manusia, proses, dan layanan pelanggan. Program produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan jasa harus memiliki tiga sasaran utama, yaitu: mencerminkan manfaat dari jasa yang ditawarkan dengan cara semenarik mungkin, membedakan apa yang ditawarkan perusahaan dengan yang ditawarkan pesaing, dan menciptakan reputasi yang baik sebab perusahaan menawarkan suatu produk yang tidak berwujud. Promosi sendiri dapat diartikan sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Agar pertukaran ini dapat tercipta, maka diperlukan alat-alat promosi sebagai berikut: advertising, personal selling, sales promotion, public relations, word of mouth, dan direct marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi promosi yang dijalankan dapat menjangkau target market yang dituju. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif yang lebih menekankan persoalan kedalaman (kualitas) data. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan populasi yang sedang diteliti. Metode pengumpulan data primer dengan wawancara mendalam (Indepth Interview) kepada Board Of Director & marketing PT. Kiran Resources Indonesia dan kuesioner terbuka untuk customer dengan menggunakan sampling purposif (Purposive Sampling). Lewat metode ini, penulis mencoba menginterpretasikan makna dari pernyataan, komentar, maupun jawaban yang diberikan oleh PT. Kiran Resources Indonesia dan customer.Dari analisa data-data yang telah diperoleh dari narasumber dan verifikasi terhadap customer, diperoleh gambaran strategi promosi yang efektif dan dapat menjtersebut terbukti.angkau target market yang dituju sehingga teori Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi direct marketing dapat menjangkau target market dari Kiran ExDePro. Dengan kata lain, strategi promosi direct marketing ini efektif. Saran-saran secara keseluruhan dari hasil penelitian penulis adalah agar perusahaan memberikan insentif kepada karyawan, sehingga mereka lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik. |