Persaingan yang terjadi di dalam dunia bisnis kian hari semakin ketat. Begitu pun dalam bisnis furnitur di Indonesia di dalam negeri bahkan di luar negeri. Perusahaan-perusahaan furnitur di Indonesia harus mampu bertahan menghadapi persaingan tersebut, khususnya perusahaan industri kecil menengah (IKM). Sebagai perusahaan kecil, perusahaan IKM memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan perekonomian di Indonesia. Untuk memperluas pemasaran produk,perusahaan IKM furnitur Indonesia melakukan pemasaran produknya sampai ke luar negeri. Tentunya, hal ini memerlukan perhatian khusus dari perusahaan IKMnya sendiri maupun pemerintah sebagai pengayom IKM-IKM di Indonesia agar dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi bersaing yang diterapkan oleh CV. Bents Ranggie Sejahtera efektif atau tidak. Melihat semakin ketatnya persaingan dalam bisnis furnitur ini, maka CV. Bents Ranggie Sejahtera (BRS) harus memiliki strategi promosi yang tepat agar mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, di mana hal ini akan berdampak pada perkembangan perusahaannya sendiri. Penerapan strategi promosi yang dilakukan CV. BRS dilakukan dengan beberapa hal, yaitu pemasaran langsung, periklanan, penjualan perorangan, publisitas, dan promosi penjualan. Selain itu, CV. BRS juga mendapat bantuan dari pemerintah untuk melakukan pemasaran produknya di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat maka CV. BRS harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan strategi yang telah dimiliki untuk bertahan menghadapi pasar global. Penelitian ini dilakukan dengan cara riset kepustakaan dan penelitian lapangan ke CV. Bents Ranggie Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait, kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk analisis-analisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian didapat bahwa CV. Bents Ranggie Sejahtera menerapkan strategi promosi untuk melakukan ekspor dengan bauran promosi (mix promotion). Penerapan strategi promosi yang diterapkan tersebut sangat tepat untuk meghadapi pemasaran produk ke luar negeri. Namun, ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk maningkatkan pelayanan CV. BRS di luar negeri, seperti membuat perwakilan di luar negeri. |