Sekarang ini persaingan dalam bisnis eceran (ritel) di Indonesia sangat ketat. Hal ini terjadi dengan masuknya berbagai macam perusahaan ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap aplikasi bauran pemasaran, serta mengetahui hubungan antara aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen. Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, tempat dan promosi dijadikan acuan dasar untuk mencapai tujuan suatu perusahaan di pasar sasaran dengan melihat pada loyalitas konsumen, yakni komitmen pelanggan yang positif dan tercermin dalam pembelian berulang yang konsisten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan mengambil 100 responden yang diteliti pada tanggal 15-23 Desember 2007. Untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap aplikasi bauran pemasaran serta hubungannya terhadap loyalitas konsumen, maka digunakan tabel distribusi, perhitungan mean (rata-rata) dan uji Cochran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata responden Hypermart memiliki penilaian yang positif terhadap aplikasi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Hypermart dan responden Hypermart memperlihatkan konsumen yang loyal dan rata-rata setuju dengan bauran pemasaran yang diterapkan oleh Hypermart. Sehingga terdapat hubungan antara aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen, kecuali promosi yang tidak mempengaruhi loyalitas konsumen. |