Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Aspek bahasa Indonesia meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Permasalahan dalam kegiatan pembelajaran dalam bahasa Indonesia adalah keempat aspek dalam bahasa Indonesia tidak dilaksanakan secara berkaitan dan belum seimbang. Penulis mengungkap masalah tersebut sebagai bahan penelitian dengan tujuan ingin mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran terpadu model connected yang dapat memadukan aspek-aspek dalam pelajaran bahasa Indonesia secara seimbang di kelas II SD Katolik Abdi Siswa Jakarta Barat. Untuk itu dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dan dua sikius, sikius kesatu berkaitan dengan cerita anak dan siklus kedua berkaitari dengan puisi anak. Berdasarkan pelaksanaan kedua sikius pembelajaran tersebut, ternyata: pembelajaran terpadu model connected dapat memadukan aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia secara seimbang; rata — rata prestasi siswa dapat mencapai hasil yang baik dan tuntas mencapai SKBM yang telah ditetapkan sekolah; dan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan senang |