Maraknya persaingan Industri khususnya untuk kategori produk personal care yaitu facial foam, mengharuskan perusahaan mempunyai strategi khusus salah satunya dengan membangun serta meningkatkan ekuitas merek yang mereka punya. PT Unlever Indonesia Tbk tentunya menyadari hal tersebut, oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilihat seberapa kuat ekuitas merek Pond’s anti-bacterial facial scrub. Elemen ekuitas merek yang dapat diteliti, yaitu kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, Loyalitas merek. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di wilayah Pamulang, Tangerang-Banten. Penyebaran kuesioner dilakukan sejak 20 November-10 Desember 2006. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif, uji Cochran test, dan Overall mean score. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 82% responden mengingat Pond’s sebagai merek Top of mind. Keseluruhan atribut asosiasi merek yaitu: Pond’s sebagai sabun pembersih wajah dengan formula yang lembut dan ringan, butiran halusnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati,mampu membersihkan wajah secara menyeluruh, dan Pond’s antibacterial facial scrub mampu melawan kuman penyebab jerawat,serta membuat kulit wajah terasa segar, bersih, berseri ternyata asosiasi tersebut mampu membentuk Brand image terhadap produk Pond’s antibacterial facial scrub. Atribut kesan kualitas jika dilihat dari berbagai atributnya baik harga, mutu, manfaat, ukuran kemasan, kemasan produk, serta kemudahan memperolehnya rata-rata dinilai puas oleh responden. Responden yang puas terhadap merek Pond’s sebanyak 80%, dan konsumen tersebut menjadi konsumen yang loyal. Konsumen yang tergolong Commited buyer sebesar 76% dari keseluruhan responden. Hal tersebut mencerminkan loyalitas konsumen yang cukup kuat. Dari keseluruhan elemen brand equity yang telah diteliti dapat kita simpulkan bahwa Brand Equity yang terbentuk pada merek Pond’s kuat. |