Dewasa ini, persaingan antar perusahaan dalam industri yang sejenis semakin ketat. Tidak dapat dipungkiri, konsumen semakin pintar dalam memilih perusahaan mana yang akan dipilihnya. Oleh karena itu, perusahaan dituntut dapat memberikan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik sehingga para pelanggan memperoleh pengalaman yang baik dengan perusahaan itu. Hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas pelanggan suatu perusahaan, sehingga pada suatu saat pelanggan tersebut merupakan aset perusahaan yang berharga. Dalam pembentukan loyalitas terdapat dua indikator yaitu perilaku dan sikap pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh antara masing-masing indikator pembentukan loyalitas, yaitu perilaku dan sikap pelanggan terhadap ekuitas konsumen PT Indonesia Printer. Tujuan yang terakhir adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara loyalitas terhadap ekuitas konsumen PT Indonesia Printer. Dalam skripsi ini, penulis menyebarkan kuesioner pada tanggal 23 Juni sampai 9 Juli, yang bertempat pada kantor pusat PT Indonesia Printer. Target populasi penelitian ini adalah pelanggan PT Indonesia Printer. Penulis menggunakan analisis penelitian survey dalam rangka mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah convenience sampling, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara perilaku terhadap ekuitas konsumen, sikap terhadap konsumen, dan yang terakhir terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku dan sikap yang membentuk loyalitas terhadap ekuitas konsumen PT Indonesia Printer. |