Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi untuk mempengaruhi dan membangun kesadaran konsumen. Iklan tersebut tentunya harus dapat membujuk atau mendorong calon konsumen untuk membeli suatu produk, membangun image, dan meyakinkan kepada siapa pun yang telah membeli produk tersebut untuk melakukan pembelian ulang. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh iklan rokok A Mild terhadap keputusan pembelian konsumen. Responden yang diteliti adalah 50 orang perokok A Mild, baik pria maupun wanita. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner, wawancara serta studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear sederhana. Dari hasil analisis regresi linear sederhana dapat dilihat bahwa iklan rokok A Mild berpengaruh sebesar 65,7% terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan sisanya sebesar 34,3% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti: kualitas dari rokok A Mild, kebutuhan, kepuasan yang diperoleh dan gaya hidup seseorang. Nilai R sebesar 81% menunjukkan bahwa hubungan antara iklan rokok A Mild (X) kuat dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Karena Fobs > Ftabel (91,801 > 4,048), maka H0 ditolak. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara iklan rokok A Mild terhadap keputusan pembelian konsumen. |