Saat ini banyak sekolah baru yang bermunculan baik yang bertaraf nasional maupun internasional. SKKK I berusaha menarik siswa dan orang tua dengan memberikan mutu pendidikan, pelayanan yang baik bagi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan SKKK I melalui 5 dimensi pelayanan jasa yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Dalam menganalisa data menggunakan Importance-Performance Analysis dan mengukur prioritas menggunakan diagram kartesius. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan mengambil sampel kepada 100 siswa dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisa data menggunakan skala likert. Tingkat kesesuaian adalah 76.10%, artinya siswa menilai kinerja sekolah belum maksimal memenuhi harapan mereka sehingga kepuasan siswa belum sepenuhnya tercapai. Prioritas utama dari siswa yang perlu diperhatikan oleh SKKK I sebanyak 10 faktor yaitu ruang kelas yang bersih, rapi, dan nyaman, fasilitas ruang kelas, ruang aula, pengetahuan yang memadai bagi tata usaha dan pihak sekolah, sekolah menyediakan BP, keluhan siswa ditanggapi oleh sekolah, sekolah menghargai keberadaan siswa, sekolah memahami kesulitan yang dihadapi oleh siswa, pihak sekolah memberikan beasiswa dan potongan uang sekolah dan sumbangan bagi anak yang berprestasi, guru bersikap bersahabat. |