Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut produk yang mempenggaruhi pembelian ponsel Nokia pada konsumen yang loyal maupun tidak dan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara konsumen yang loyal maupun tidak loyal terhadap merek Nokia. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survey dengan objek penelitian ini adalah mahasiswa universitas katolik Atma Jaya Jakarta yang menggunakan ponsel NOKIA. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling yaitu non-probability sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen pertanyaan terstruktur atau kuesioner. Analisis data dilakukan dengan enggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut produk yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen yang loyal terhadap merek (brand loyalty) maupun yang berpotensi beralih merek (brand switching) pada konsumen ponsel nokia adalah atribut performance, reliability, features, durability, conformance, service ability dan aesthetics (disain). Walaupun tidak terdapat atribut yang secara signifikan membuat perbedaan persepsi antara konsumen yang loyal maupun tidak loyal terhadap merek Nokia. Namun berdasarkan perbandingan nilai rata-rata terdapat empat atribut produk yang membuat responden tidak loyal terhadap produk Nokia, yaitu : a). cocok dengan kepribadian, b). produk yang berkelas dan ekslusif, c). desain ponsel Nokia yang bagus, dan d). perhatian terhadap garansi. |