Magang adalah program yang bertujuan untuk mempertemukan (link and match) dunia kerja dan dunia akademik. Untuk itu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atma Jaya membuka jalur non skripsi mi dimana mahasiswa diperkenankan melakukan praktik magang. Penulis selaku mahasiswa mengambil jalur non skripsi (magang) selain sebagai salah satu prasyarat untuk mendapatkan gelar sarjana juga dimaksudkan agar penulis dapat merasakan dan belajar secara langsung suasana dan operasional dalam dunia kerja secara nyata, serta berkesempatan untuk menerapkan dan membandingkan antara ilmu pengetahuan yang didapat dalam dunia akademik dengan dunia kerja. Penulis melakukan praktik magang pada PT Equity Financial Solution di Departement ofMarketing Group Insurance menyangkut proses pemasaran produkproduk asuransi dalam jumlah kumpulan. Dalam pelaksanaan praktik magang di PT Equity Financial Solution penulis mempelajari profit perusahaan, diberi training, membuat Quotation, membuat proposal, menyusun file, mengetik surat-surat dan melakukan studi lapangan bersama tim marketing untuk mempelajari kegiatan operasional pemasaran PT Equity Financial Solution seperti presentasi, fact finding, dan follow up. Dan hasil analisis SWOT dapat diketahui strategi pemasaran yang diandalkan oleh PT Equity Financial Solution adalah personal selling melalui marketing dan broker dengan menonjolkan image dan keunggulan produk-produknya. Selain itu PT Equity Financial Solution memiliki kekurangan dalam hal promosi. Hal ini mengakibatkan kurangnya pengetahuan nasabah tentang produk-produk asuransi yang dimiliki. PT Equity Financial Solution juga mempunyai kekuatan yang tidak dimiliki perusahaan asuransi lain, yaitu harga premi yang cukup murah dan 23 kantor cabang yang tersebar di dua puluh kota besar Indonesia yang mampu menjangkau nasabah dan berbagai daerah. |