Selain sebagai salah satu syarat dalam meraih gelar S-1, penulis melakukan praktik magang untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di lingkungan kerja yang sesungguhnya agar penulis dapat belajar beradaptasi dan berinteraksi dengan baik antara sesama karyawan. Penulis melakukan praktik magang di PT NIPARINDO SARITAMA. Produk yang dipasarkan adalah produk bahan kimia pelapis anti karat pada besi sebelum pengecatan (Chemical for Metal Surface Treatment) yang di import dan Perusahaan Jepang NIHON PARKERIZING CO.,LTD. sebagai eksportir. NIHON PARKERIZING CO.,LTD. yang ada di Jepang membuka cabang di Indonesia yakni, PT NUSANTARA PARKERIZ1NG yang memproduksi sendiri di Indonesia sesuai dengan standarisasi teknologi Jepang. Dalam pemasarannya, PT NUSANTARA PARKERIZING menunjuk PT NIPARINDO SARITAMA sebagai distributor. Para pelanggan PT NIPARINDO yaitu perusahaan otomotif mobil dan motor atau subcontracting. Dalam kegiatan magang, penulis ditempatkan di bagian marketing dan tak jarang penulis juga ditunjuk untuk membantu bagian staf administrasi penjualan misalnya menerima dan mencek P0 (purchase order) dan konsumen. Penulis juga ditugaskan membuat faktur penjualan, faktur pajak dan surat jalan. Sesekali penulis diajak untuk ikut meeting diluar kantor dengan bagian marketing perusahaan yang diberikan wewenang untuk mengetahui masalahl ha! yang dibicarakan mengenai hasil meeting tersebut. Apabila sedang ada proyek, penulis diajak untuk melihat bagaimana pihak marketing melakukan penawaran barang ke perusahaan yang dituju. Setelah menjalani praktik magang dan melihat kondisi perusahaan, penulis memiliki simpulan perusahaan sudah menjalankan proses pemasarannya dengan cukup baik. Hal ini didukung dengan adanya manajemen kerja yang berpengalaman yang sudah bekerja selama kurang Iebih 10 tahun. Dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan sudah menggunakan sistem komputerisasi dan teknologi modern sehingga memudahkan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Perusahaan juga menghadapi banyak kendala, hambatan dalam melakukan kegiatannya, salah satunya yaitu adanya konsumen yang mengulur waktu pembayaran. Salah satu kekuatan yang dimiliki perusahaan yaitu produk yang dijual merupakan produk yang berasal dan Jepang yang sudah memiliki pelanggan tetap yaitu perusahaan automotif di Jepang yang secara tidak Iangsung merekomendasikannya kepada seluruh automotifmobil produksi Jepang yang berada di Indonesia untuk menggunakan produk tersebut. Keunggulan lain yang dimiliki perusahaan yaitu adanya pelayanan yang diberikan setelah pembelian (after sales service) yaitu setelah barang dibeli dan digunakan oleh konsumen, secara berkala PT NUSANTARA PARKERIZING mendatangkan technical service yang ahli dan berpengalaman untuk memeriksa apakah bahan kimia yang telah digunakan oleh customer tersebut masih dapat dipergunakan atau sudah harus dibuang, dengan cara mencek konsentrasi/kadar kepekaan obat/bahan kimia. |