Sejalan dengan berkembangnya zaman, perusahaan dituntut untuk lebih efisien dalam beroperasi, sehingga semua perusahaan di dunia dituntut untuk terus memperbaiki diri menghadapi persaingan yang semakin meningkat. Dalam situasi krisis ekonomi yang sedang dihadapi Indonesia saat ini, menyebabkan banyak perusahaan semakin sulit melakukan efisiensi atas aktivitas produksinya. Meningkatnya biaya bahan baku, upah langsung dalam bentuk kenaikan upah minimum, serta biaya–biaya pendukung produksi lainnya, menyebabkan margin keuntungan perusahaan menurun drastis, sementara tidak dapat menaikkan harga jual karena terbentur daya beli masyarakat yang rendah. Selain itu, dalam situasi persaingan yang ketat, meningkatkan laba dengan cara menaikkan harga jual akan mengakibatkan penjualan perusahaan menurun, yang disebabkan karena pelanggan lebih memilih produk sejenis dari perusahaan lain dengan harga yang lebih murah. Pada umumnya perusahaan beroperasi dengan mengembangkan dan memproduksi produknya terlebih dahulu. Kemudian mulai menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut dan menetapkan harga jual bagi produknya. Setelah itu produk siap untuk dipasarkan. Namun dalam metode Target Costing, proses yang terjadi justru sebaliknya. Setelah perusahaan mengetahui harga yang akan dikenakan terhadap produknya, perusahaan baru mulai mengembangkan suatu produk yang dapat dipasarkan secara menguntungkan pada tingkat harga yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagai salah satu produsen yang bergerak di bidang industri pulp dan kertas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas. Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan analisa terhadap suatu sistem pengendalian biaya sebagai faktor penentu utama harga yang digunakan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dalam menghasilkan produknya dan bersaing di pasar. Dari penelitian yang dilakukan penulis, di PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dengan menganalisis biaya produksi dan dampaknya terhadap laba pada perusahaan tersebut, maka didapatkan kesimpulan Bahwa PT Indah KIat telah berhasil menetapkan metode Target Costing dalam menetapkan Harga Jualnya sesuai dengan harga yang dapat diterima oleh konsumen. |