Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang penting bagi perusahaan untuk menilai keberhasilan perusahaan dan untuk membantu melaksanakan strategi perusahaan. Perusahaan seringkali hanya menggunakan pengukuran kinerja tradisional yang hanya menitikberatkan pada pengukuran kinerja keuangan saja yang disadari tidak dapat memberikan informasi yang akurat mengenai keberadaan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menggunakan pengukur lain yang dapat mengukur kinerja keuangan dan non keuangan perusahaan, yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard menerjemahkan visi, misi, dan strategi ke dalam berbagai tujuan dan ukuran yang tersusun ke dalam empat perspektif: perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil penelitian berdasarkan Balanced Scorecard terhadap data keuangan perusahaan, dapat dilihat bahwa perspektif keuangan perusahaan secara keseluruhan cukup baik. Dilihat dari perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang memuaskan. Dilihat dari perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil cukup memuaskan. Dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil cukup memuaskan. Jadi dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja Balanced Scorecard, perusahaan dapat mengukur kinerjanya dari berbagai perspektif baik perspektif keuangan maupun perspektif non keuangan. |