Anda belum login :: 23 Jul 2025 09:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan: Suatu Pengantar
Oleh:
Ciptani, Monika Kussetya
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Akuntansi dan Keuangan vol. 2 no. 1 (May 2000)
,
page 21-35.
Topik:
Balance Scorecard
;
Perspektif Pelanggan
;
Proses Bisnis (Internal)
;
Perspektif Finansial
;
Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
;
Pengukuran Kinerja
;
Customer Perspective
;
(Internal) Business Process
;
Financial Perspective
;
Learning and Growth Perspective
;
Performance Measurement
Fulltext:
Monika Kussetya Ciptani.pdf
(53.68KB)
Isi artikel
Penilaian kinerja merupakan hal yang esensial bagi perusahan. Untuk memenangkan persaingan global yang semakin ketat ini, kinerja sebuah organisasi haruslah mencerminkan peningkatan dari satu periode ke periode berikutnya. Dewasa ini pengukuran kinerja secara finansial tidaklah cukup mencerminkan kinerja organisasi sesungguhnya, sehingga dikembangkan suatu konsep Balanced Scorecard. Konsep Balanced Scorecard mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Konsep Balanced Scorecard ini pada dasarnya merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian diukur dan dimonitor secara berkelanjutan. Tulisan ini menitikberatkan pada bagaimana penerapan konsep Balanced Scorecard di beberapa perusahaan di Amerika. Berbagai kendala dan permasalahan yang timbul dari penerapan konsep Balanced Scorecard menjadi masukan bagi perusahaan atau organisasi bisnis yang ingin menerapkan konsep ini. Bagaimanapun juga konsep ini akan membantu perusahaan untuk melakukan pengukuran kinerja secara lebih komprehensif dan akurat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)