Anda belum login :: 30 Apr 2025 11:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan IPS
Oleh:
Farisi, Mohammad Imam
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka) vol. 2 no. 2 (Sep. 2001)
Topik:
Pendidikan IPS
;
Pengembangan Pembelajaran Berdasarkan Konsep Siswa
Fulltext:
Mohammad Imam Farisi.pdf
(79.82KB)
Isi artikel
Mengajar untuk belajar (teaching for learning) merupakan persoalan yang senantiasa menarik untuk diteliti. Belajar sebagai suatu proses aktif, interaktif, dan konstruktif terjadi manakala pembelajaran sebagai konteks sosial dan eksternal diselenggarakan sebagai proses fasilitasi dan situasi stimulasi. Pembelajaran sebagai konteks sosial dimana setiap siswa dapat mencipta makna-makna melalui penginteraksian atau pengaitan diri dengan pengetahuan yang telah ada dalam struktur kognitifnya. Pembelajaran sebagai suatu sistem tindakan tidak lain sebagai upaya untuk mempertemukan antara dimensi-dimensi mengajar dengan dimensi-dimensi belajar. Dalam paradigma ini pula, penggunaan konsep siswa dalam pengembangan pembelajaran IPS menjadi sangat relevan dan argumentatif. Titik krusial dalam persoalan ini adalah bagaimana mengubah dan meningkatkan kinerja mengajar guru, sehingga terjadi peristiwa belajar pada diri siswa, dengan menjadikan siswa dengan segala kapasitas dan keunikan dirinya sebagai sentralitas dan sumber pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)