Pada situasi sekarang ini kebutuhan akan informasi sangatlah penting dalam semua bidang. Khususnya dalam memenangkan persaingan yang semakin ketat. Mengacu pada peranan perdagangan yang semakin besar, perusahaan perlu diorganisir secara lebih baik, agar dapat terus bertahan dan berkembang dalam perekonomian yang penuh persaingan. Perusahaan asuransi adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang yang mengandung suatu risiko kerugian yang cukup besar, maka seringkali terjadi klaim – klaim dari pemegang polis yang ditujukan kepada perusahaan asuransi sehubungan dengan kerugian – kerugian yang dideritanya Dalam tulisan ini penulis menganalisis perusahaan yang bergerak di bidang Asuransi khususnya departemen finance dan departemen policy service mengenai prosedur penerimaan premi dan pembayaran klaim PT Asuransi Jiwa Eka Life dengan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dari wawancara tersebut, kesimpulan dapat ditarik bahwa prosedur penerimaan premi dan pembayaran klaim yang diterapkan oleh PT. Asuransi Jiwa Eka Life dinilai baik dan memadai, demikian juga pengendalian internalnya. Hanya saja ada kelemahan yang ditemukan penulis pada pemisahan tugas dalam pengendalian internal berbasis komputer yaitu tidak adanya pembagian tugas dan wewenang. |