Anda belum login :: 15 May 2025 09:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pembelajaran Terpadu Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelasi II Strada Bina Mulia I Cengkareng Jakarta Barat
Bibliografi
Author:
KARLAWATI, TH DANIK YULI
;
INGRIDWATI KURNIA
(Advisor)
Topik:
Pembelajaran Terpadu
;
Lingkungan
;
Prestasi Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
TH.Danik Yuli Karlawati's Undergraduate Theses.pdf
(1,009.4KB;
14 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-39
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan tema atau topik-topik sebagai pusat minat. Tema lingkungan digunakan sebagai pengikat keterpaduan antar mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain guna membentuk satu kesatuan yang bennakna dan relevan dengan tema atau topik yang digunakan. Dengan demikian siswa akan dapat belajar mengeksplorasi peristiwa atau konsep dan mata pelajaran yang saling terkait dalam waktu yang bersamaan . Melalui tema lingkungan siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya sehingga prestasi siswa dapat meningkat dan mampu menerapkan pesan-pesanmoral yang terkandung di dalamnya.
Jenis penelitian mi adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian mi adalah satu orang guru sebagai peneliti, dibantu
empat orang guru sebagai observer, dan 35 siswa kelas H SD Strada Bina Mulia I Cengkareng. Penelitian dibagi menjadi dua sikius. Sikius satu mengambil sub tema lingkungan keluarga dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep
tentang lingkungan keluarga.Siklus dua mengambil sub tema lingkungan sekolah dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep tentang lingkungan sekolah secara langsung.
Hasil penelitian mi adalah prestasi siswa dalam setiap sikius cenderung mengalami peningkatan yang tampak pada kenaikan rata-rata kelas dan siswa dapat menerapkan pesan-pesan moral secara langsung. Pembelajaran terpadu
tema lingkungan sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa , penggunaan
metode pembelajaran yang bervariasi tidak membuat siswa menjadi jenuh dan
membosankan tetapi sebaliknya siswa bergairah dalam belajar dan aktif. Penggunaan media yang sesuai sangat membantu menanamkan konsep tentang lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Penyajian pembelajaran terpadutema lingkungan mampu membantu siswa
untuk mengaitkan segala sesuatu sehingga siswa terbiasa memandang segala sesuatu dalam gambaran yang utuh. Guru yang menerapkan pembelajaran terpadu hendaknya mempersiapkan sarana, materi, metode dan teknik penyajian yang
dapat mengoptimalkan kemampuan siswa demi tercapainya pembelajaran yang menantang, menyenangkan sehingga siswa tidak merasa takut untuk mengaktualisasikan kreativitasnya yang dapatmeningkatkan prestasi belajarnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)