Anda belum login :: 14 May 2025 00:32 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE LATERAL MARKETING PADA ORGANISASI SENI PERTUNJUKAN (STUDI KASUS: TEATER KOMA, JAKARTA)
Bibliografi
Author: KURNIADI S., LEONARDUS ERIC ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Lateral Marketing; Nisetpemasaran
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Leonardus Erick K.S'. Undergraduate Theses.pdf (9.76MB; 51 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-353
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
TeaterKoma merupakan salah satu organisasi senipertunjukan terproduktif yang selalu
menggelar pertunjukan minimal satu tahun sekali. Sebagai salah satu organisasi seni yang dikenal dengan penonton setianya yang berkisar 50 % dan total penonton keseluruhan yaitu kurang lebih 3000 orang. Selalu dipenuhi penonton pada han libur walaupun pertunjukannya sering digelar lebih dan 14 han. Tetapi walaupun pertunjukan sering terlihat penuh dan hasil wawancara dengan pimpinan produksi, Teater Koma masih mengalami kendala dengan pencarian dana awal produksi sehingga frekuensi pementasan semakin tahun semakin
berkurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lateral marketing, dimana metode ini dapat mencari alternatjf alternatif atau peluang pemasaran inovatif dibantu dengan
menggunakan metode riset pemasaran dapat diident~/ikasipeluang, ancaman, kekuatan, dan
kelemahan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan dan kelangsungan hidup Teater
Koma. Dan hasil pengolahan data dengan menggunakan lateral marketing didapatkan ide-ide
pemasaran yang inovatif seperti ide membalik proses “Penonton menonton pemain” menjadi
“Pemain menonton Penonton“, ide untuk mengganti atau menambah target pasar sesuai
dengan tema yang ditampilkan, ide mengkombinasi/wn teater dengan edukasi atau bidang lainnya. Ide untuk membulwfasilitas baru berupapelatihan dengan menggunakan metode yang
diajarkan di teater, ide menjual & membooking tiket Teater Koma melalui internet. Tidak semua
ide dapat langsung diimplementasikan, maka harus dilakukan prioritas. Berdasarkan hasil analisa maka diketahui bahwa sfrategi yang dapat diusulkan untuk Teater Komaadalah dengan lebih difokuskanpada upaya memanfaatkan kekuatan yang ada dan memanfaatkan peluang, diantaranya sepenti meningkatkan kualitas pentunjukan, memperluas promosi ke pasar yang potensial, memaksimalkan jumlah penonton dan peningkatan media promosi melalui internet , teman dan sms, selalu meningkatkan mutu pelayanan. Stnategi
tersebut bisa dikembangkan dengan ide-ide lateral marketing yang telah dirancang pada pengolahan data. Dalam penelitian mi penulis mengusulkan untuk mempnionitaskan ide hasil metode lateral marketing pada level bauran pemasaran selain pasar dan produk (hanga, distribusi, promosi dan komunikasi) kanena s~fatnyataktis dan benonientasi jangka pendek, seperti menjual dan membooking tiket Teater Koma melalui internet, ide direct mail yang dikirim bukan hanya sebagai pembenitahuan informasi tetapi bisa menjadi souvenir yang dikoleksi. Dimana ide-ide banu tersebut dapat langsung diterapkan untuk mendapatkan surplus keuangan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)