Anda belum login :: 05 Jun 2025 07:14 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN INTERACTIVE GAME BERBASIS KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI (STUDI KASUS : Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta)
Bibliografi
Author:
NATALIA, DENA
;
Triyanti, Vivi
(Advisor)
Topik:
Teknik Industri
;
Interactive Game
;
Linear Programming
;
Analisa Keputusan
;
Metode Antrian
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Dena Natalia's Undergraduate Theses.pdf
(2.81MB;
29 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-346
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Teknik Industri adalah salah satu disiplin ilmu yang baru berdiri. Munculnya disiplin ilmu ini karena kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas
dalam suatu sistem produksi. Disiplin ini pada awalnya dikembangkan oleh beberapa individu yang berusaha mencari mengembangkan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen produksi tingkat lanjut. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap user(siswa/i SMU) oleh penulis, didapat bahwa pemahaman mereka mengenai ruang lingkup Teknik Industri tidak sepenuhnya benar, karena yang mereka pahami hanya sebagian dari ruang lingkup Teknik Industri. Menurut
mereka, Teknik Industri hanya mempelajari mengenai pabrik. Hal ini tidak salah, namun yang sebenarnya dipelajari di Teknik Industri adalah merancang, mengembangkan dan mengaplikasikan suatu sistem yang terintegrasi dari semua
aspek yang terkait dalam sistem tersebut. Jadi, tidak hanya mengenai pabrik. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat pengenalan yang bisa menjelaskan mengenai Teknik Industri dengan lebih jelas. Di Jurusan Teknik Industri Unika
Atma Jaya, cara yang telah dilakukan adalah dengan menggunakan brosur, dan acara open house. Diharapkan dengan cara ini, user yang ingin mengetahui tentang Teknik Industri bisa lebih mengerti. Namun, ternyata dengan kedua cara
tersebut, kurang bisa memberikan gambaran yang jelas. Dengan melakukan wawancara untuk mengetahui kebutuhan apa yang ingin diketahui oleh user dan apa yang ingin disampaikan oleh jurusan, maka penulis merancang satu konsep
pengenalan Teknik Industri yang baru. Kebutuhan user yang didapat adalah: ruang lingkup Teknik Industri, penerapan ilmu Teknik Industri dalam dunia nyata, contoh mata kuliah yang diberikan di Teknik Industri, hubungan antara Teknik Industri dengan manajemen, dan pentingnya Teknik Industri mempelajari banyak hal. Sedangkan kebutuhan jurusan adalah integrasi ilmu Teknik Industri dengan ilmu lain, dan perbedaan Teknik Industri dengan ilmu lain. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, maka penulis merancang satu konsep interactive game untuk mengenalkan Teknik Industri. Dalam interactive game tersebut, diberikan 3 kasus yang bisa dipecahkan dengan ilmu Teknik Industri.
Kasus yang diberikan berhubungan dengan Linear Programming, analisa Keputusan dan Metode antrian. Setelah diberikan kasus-kasus tersebut, akan muncul tampilan yang memberikan penjelasan mengenai pemecahan kasus
tersebut dengan ilmu Teknik Industri. Diharapkan, setelah bermain game ini, user bisa lebih memahami cara Teknik Industri memandang dan memecahkan suatu masalah. Setelah interactive game ini dirancang dan dikembangkan, maka
langkah selanjutnya adalah menguji coba interactive game ini pada user. Sebelum bermain interactive game ini, terlebih dahulu diberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman mereka mengenai Teknik Industri. Hasilnya kemudian
dibandingkan dengan hasil kuesioner setelah memainkan interactive game ini. Setelah dibandingkan, ternyata ada peningkatan pemahaman mengenai Teknik Industri, dan dengan menggunakan simulasi yang ada dalam interactive game ini, user bisa lebih mudah mengerti mengenai Teknik Industri.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)