P0. Rosalia Indah adalah salah satu perusahoon jasi yang bergerak dibidang transportasi darat yaltu jasa angkutan his antar kota antar propinsi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan perfbrmansi dan kinenja perusahaan. Maka dan itu, perusahaan tidak lagi hanya mengandalkan pengukuran kinenja dan segi keuangan saja tetapi juga harus memperhatikan dan aspek-aspek lainnya yang juga akan mempengaruhikinerja perusahaan. Untuk mengetahul keherhasilan perusahaan. inaka P0. Rosalia Jndah juga melakukan pengukuran kinerja untuk mengetahui hasil yang telah dicapai perusahaan. Maka dan itu diusulkan menggunakan Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan dengan harapan agar kinenja perusahaan akan lebih baik lagi dan dapat meningkaikan keuntungan perusahaan. Untuk merancang model Balanced Scorecard memhutuhkan data-data yang kemudian diolah agardapat mengukur kinerja P0. Rosalia Jndah, selama itu juga membuat pola strategi, huhungan sehab-akihat, factor pendorong kinerja dan keterkaitan dengan masaiah JInansial untuk mengetahui apakah model Balanced Scorecard berhasil atau tidak. Hasilyang diperoleh dan pengukuran kinerja I’O. Rosalia Indah adalah sebagai herikut pada perspekiif financial nilai kinerjanya adalah 3 yang berarti nilal kinerjanya cukup balk, pada perspektifpelanggan nilai kinerjanya adalah 3 yang berarti nilal kinerjanya cukup balk, pada perspektzfproses bisnis internal nilal kinerjanya adalah 3,58 yang berarti nilai kinerjanya juga balk Dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan nilai kinerjanya 3,08 yang berarti nilai kinerjanya hampir mendekati cukup balk. Nilai total dan pengukuran kinerja pada P0. Rosalia Indah adalah 3,08 yang beranti bahwa kinerja dari perusahaan secara keseluruhan adalah cukup baik |