Anda belum login :: 12 Jun 2025 01:47 WIB
Detail
BukuTuntutan Teknologi Informasi Dalam Implementasi E-commerce
Bibliografi
Author: Sukardi, Teddy
Topik: eCommerce; UKM; usaha kecil dan menengah; backoffice; frontoffice
Bahasa: (ID )    
Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Papers/Makalah
Fulltext: tuntutan teknologi informasi dalam implementasi ecommerce.pdf (22.83KB; 28 download)
Abstract
Penerapan eCommerce oleh para pelaku usaha besar khususnya pelaku usaha multi nasional sudah terjadi cukup lama dan terus berkembang. Bagaimana penerapan eCormmerce pada perusahaan kecil dan menengah menjadi tantangan besar sehingga lebih menarik untuk dibahas dan dicermati. Berbagai masalah acapkali dihadapi UKM (usaha kecil dan menengah) dalam mulai menerapkan eCommerce secara total. Salah satu masalah yang kerap kali muncul adalah masalah penerapan transaksi elektronik termasuk memproses pembayaran secara online/elektronik. Banyak usaha yang memulai eCommerce dengan membangun website. Hal ini adalah langkah awal yang baik meskipun eCommerce baru memberikan manfaat terbesar pada saat dimana terjadi transaksi secara elektronik. Ecommerce tidak berarti masalah administrasi bisnis utama akan dapat dikesampingkan. Administrasi bisnis utama sering kali disebut sebagai masalah back-office. Pelaku bisnis cenderung sibuk dan asyik mengembangkan front-office yang memang menjadi penting dalam penerapan eCommerce dimana front-office lebih tampak secara nyata memanfaatkan teknologi informasi paling mutakhir contoh web/internet). Karena tidak dikelola dengan baiknya administrasi "backoffice" justru pada gilirannya akan membuat penerapan eCommerce menjadi kurang berhasil. Lebih dari itu penerapan back office pun memberikan banyak peluang untuk pembaruan. Hal ini terjadi terutama dengan terkoneksinya usaha dengan para pelanggan, pemasok/rekanan dengan adanya pemanfaatan jaringan internet. Jaringan internet juga telah membuka banyak peluang baru terutama dalam hal membuka suatu pasar yang global dimana dihalangi kendala-kendala tradisional seperti perbedaan waktu, jarak, letak geografis, negara dan lain-lain. Internet telah membuat pemasaran menjadi sangat efisien dengan dimungkinkannya informasi perusahaan, produk dan jasa dapat disebarkan pada jutaan pengguna internet di dunia. Namun keuntungan ini juga berlaku untuk semua orang sehingga menimbulkan arena persaingan baru. Ini menyebabkan masalah eBusiness dan eCommerce segera menjadi masalah bertahan hidup bukan sekedar mencari keunggulan strategis lagi. Ecommerce memberikan banyak tuntutan yang berkaitan dengan teknologi informasi yang perlu diterapkan. Di samping teknologi juga satu aspek penting lainnya adalah perubahan pola kerja dan pola pikir yang kerap dilakukan dalam kerangka "change management"
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)