Anda belum login :: 05 Jun 2025 02:03 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SANTO PAULUS SUNTER PODOMORO JAKARTA
Bibliografi
Author: HELENA, SARA ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Topik: HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sara Helena's Undergrduate Theses.pdf (524.37KB; 35 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-034
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Intelligensi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengingat, berpikir cepat, menyesuaikan diri dengan situasi baru baik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan yang tidak berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Intelligensi setiap individu berbeda sesuai dengan hasil tes intelligece quotion yang pernah dilaksanakan. Prestasi mate merupakan hasil nilai perolehan nilai siswa dalam suatu tes matematika yang dilaksanakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan IQ terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Santo Paulus Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Santo Paulus Sunter Agung Podomor, Jakarta sebanyak 122 orang terdiri dari 57 perempuan dan 65 laki – laki.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex- postfacto yang merupakan penelitia di mana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu enelitian. Hitungan statistik yang digunakan adalah Statistik Parametris jenis Korelasi Product Moment Pearson). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara IQ terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0.611.Jenis instrumen penelitian adalah soal –soal matematika kelas IV semester dua tahun pelajaran 2005 / 2006, bentuk soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Instrumen penelitian ini terdiri dari 25 soal yang valid dari 40 soal,dengan koefisien reliabilitas 0,81. Hasil tes IQ dari Yayasan XYZ yang dilaksanakan ketika siswa kelas IV ini duduk di kelas III pada tahun pelajaran 2004 / 2005.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)