Anda belum login :: 05 Jun 2025 00:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Nilai Hedonis Dengan Pilihan Aktivitas Waktu Luang Yang Dilakukan Oleh Remaja
Bibliografi
Author:
MARCUA, TANIA KURNIAWAN
;
Herabadi, Astrid Gisela
(Advisor)
Topik:
Nilai Hedonis Dengan Pilihan Aktivitas Waktu Luang
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2006
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Tania Kurniawan Marcua's Undergraduate Theses.pdf
(638.6KB;
51 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1045
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Sejak beberapa tahun ini, persoalan hedonisme sempat menjadi pembicaraan yang hangat di kalangan masyarakat dimana hedonisme ini muncul akibat arus globalisasi. Hedonis merupakan suatu nilai hidup dimana nilai ini lebih mementingkan kesenangan dan diduga sebagai penyebab perilaku konsumtif yang dilakukan oleh para remaja dan memberi pengaruh buruk untuk mereka. Tipe nilai ini didorong atas kebutuhan fisik yang pada akhirnya berkaitan dengan kesenangan emosional yang akan didapat dari pemenuhan kebutuhan tersebut (Schwartz, 1988). Hedonis menjadi penting karena saat ini nilai ini sangat dekat dengan perilaku remaja khususnya di Jakarta yang merupakan pusat terjadinya segala perubahan dan perkembangan hidup. Clawson & Vinson (1985) memperjelas bahwa nilai ini dapat dibuktikan sebagai salah satu penjelasan paling kuat dan berpengaruh pada perilaku konsumen. Dengan adanya keyakinan seseorang terhadap nilai tertentu maka seseorang akan melakukan aktivitas yang diangap penting sesuai dengan nilai mereka. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara nilai hedonis yang dianut seseorang dengan aktivitas yang akan dipilih. Penelitian ini juga merupakan penelitian eksploratif dimana penelitian ini tidak ingin menguji kerangka teori apapun.Dalam penelitian ini digunakan 269 sampel remaja yang masih berstatus sebagai mahasiswa/i yang berdomisili di Jakarta.Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dan juga menggunakan teknik kuota. Alat ukur yang digunakan adalah Portrait Value Questionare dan Panduan Wawancara Terstruktur mengenai aktivitas. Untuk mengetahui hubungan antara nilai hedonis dengan pilihan aktivitas waktu luang maka uji statistik yang digunakan oleh peneliti adalah korelasi Pearson’s Product Moment. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 13 aktivitas yang signifikan dengan nilai hedonis.Untuk penelitian tambahan, peneliti membedakan kedua variabel, yaitu value hedonis dengan aktivitas waktu luang berdasarkan jenis kelamin dan prioritas nilai hedonis yang diyakini seseorang. Saran metodologis bagi peneliti yang ingin melanjutkan penelitian ini agar lebih diperhatikan hal-hal seperti rentang frekuensi dalam instrumen alat ukur sebaiknya diperbesar agar jawaban subjek dapat lebih terwakili dan untuk jumlah sampel diperbanyak agar lebih representatif. Saran praktisnya adalah kepada pihak orang tua maupun pihak sekolah yang sebagai pendidik anak untuk mengusahakan membina komunikasi dengan baik dan memberikan alternatif aktivitas yang lebih bermanfaat sehingga memberikan dampak positif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)