Anda belum login :: 29 Apr 2025 22:57 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SWASTA NOTRE DAME JAKARTA BARAT
Bibliografi
Author: WUKIR, YUPENTIUS ; Soelasih, Yasintha (Advisor)
Topik: Motivasi dan prestasi belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yupentius Wukir's Undergraduate Theses.pdf (871.67KB; 82 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-033
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi membaca merupakan merupakan sesuatu yang Sangat penting,
dengan membaca siswa memahami apa yang dibaca, artinya motivasi merupakan
kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses aktivitas membaca. Tanpa
adanya motivasi membaca tidak akan memberikan pemahaman yang baik dalam
membaca. Sedangkan preatasi belajar merupakan tingkat penguasaan yang
dihasilkan oleh siswa dalam mengikuti program belajar sesuai dengan tujuan yang
dicapai.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu motivasi membaca dan
variabel prestasi belajar. Motivasi membaca siswa sangat tinggi namun prestasi
belajar kurang mendapat hasil yang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan kesimpulan tentang ada
tidaknya hubungan antara motivasi membaca sebagai variabel bebas dengan
prestasi belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Notre
Dame, dengan subjek penelitian dari seluruh kelas V sebanyak 154 siswa, dengan
teknik random sampling, untuk menyaring data variabel motivasi membaca
menggunakan angket dengan skala sikap. Data untuk variabel prestasi belajar
digunakan skala studi dokumentasi. Pengujian validitas angket menggunakan
rumus korelasi product moment dengan menggunakan “r” tabel 0,632 pada taraf
v
signifikan a = 0,05 untuk N = 10 dengan 30 butir instrumen . Untuk variable X
diperoleh 20 butir instrumen valid dan 10 butir instrumen di perbaiki.
Hasil penelitian dan teknik analisis data dengan menggunakan korelasi
produst momen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh “r” hitung sebesar 0,940.
Sedangkan nilai r tabel untuk n=30, sebesar 0,361, hal ini berarti r hitung lebih
besar dari r tabel ( 0,940 >0,361). Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan
bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi membaca dengan prestasi
belajar siswa kelas v di Sekolah Dasar Swasta Notre Dame Jakarta Barat. Artinya
antara variabel motivasi membaca dan prestasi belajar memiliki hubungan yang
sangat kuat.
Dari hasil penelitian ini diantaranya dapat dijadikan sebagia acuan untuk
guru dalam melaksanakan kewajiban pokoknya yaitu mengajar, sebagai acuan dan
rujukan untuk mengembangkan pendidikan, agar siswa memiliki motivasi belajar
yang baik sehingga prestasi belajar siswa dapat mengalami peningkatan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)