Anda belum login :: 22 Jul 2025 08:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus: UKM di Perkampungan Industri Kecil, Jakarta)
Bibliografi
Author:
Dariska, Eunike
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
;
keunggulan bersaing
;
orientasi pasar
;
inovasi produk
;
kinerja pemasaran
;
Structural Equation Modelling (SEM)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Eunike Dariska's Undergraduate Theses.pdf
(850.88KB;
161 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-317
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu kekuatan pendorong terdepan dalam pembangunan ekonomi. UKM dipandang sebagai
katup penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi nasional Kinerja UKM dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Perannya dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja diharapkan menjadi langkah awal bagi upaya pemerintah menggerakkan sektor produksi pada berbagai
lapangan usaha. Meskipun peranan UKM dalam perekonomian Indonesia adalah sentral,
namun masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh UKM yang membuat kemampuan UKM berkiprah dalam perekomian nasional tidak dapat maksimal. Salah satu permasalahan yang mendasar adalah mengenai persaingan yang terjadi
pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam menghadapi munculnya produk import.
Keunggulan bersaing merupakan kesatuan dari tiga aspek utama yaitu orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing bisa
tercapai oleh UKM atau perusahaan ketika mereka bisa memenuhi nilai dari masing-masing aspek tanpa memisahkan peran ketiga aspek tersebut dengan dukungan semua lini yang akan membentuk suatu kesatuan dari keunggulan
bersaing perusahaan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor orientasi
pasar terhadap kinerja pemasaran dan inovasi produk serta pengaruh inovasi
produk dan kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Untuk menguji hubungan antar keempat faktor tersebut, peneliti mengujinya dengan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh posisitif orientasi pasar terhadap inovasi produk, namun tidak terdapat pengaruh yang positif antara
orientasi pasar dengan kinerja pemasaran. Begitupun hubungan kinerja pemasaran
tidak mengindikasikan adanya pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Namun keunggulan bersaing ternyata juga dipengaruhi oleh faktor inovasi produk.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)