Anda belum login :: 01 May 2025 02:44 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Kualitas Kehidupan Kerja Dan Stres Kerja Pada Marketing Officer (Studi Di Beberapa Perusahaan Fast Moving Consumer Goods Di Jakarta)
Bibliografi
Author: Kembaren, Esther Muliana (Advisor); CHERISA, HINIADHIKA
Topik: Hubungan Antara Kualitas Kehidupan Kerja Dan Stres Kerja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Hiniadhika Cherisa's Undergraduate Theses.pdf (642.62KB; 68 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1036
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Banyaknya perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Jakarta menyebabkan tingginya persaingan produksi barang kebutuhan hidup masyarakat.Oleh karena itu peran Marketing Officer sangat penting karena merupakan ujung tombak pemasaran perusahaan. Besarnya tuntutan pekerjaan dan beban tanggung jawab ini dapat menimbulkan stres pekerjaan yang berupa gejala psikologis,fisiologis, dan perilaku. Stres yang dirasakan tergantung dari bagaimana persepsinya. Persepsi juga dapat menentukan penting atau tidaknya faktor-faktor kualitas kehidupan kerja Marketing Officer, sehingga berpengaruh juga pada kinerjanya.Dalam penelitian ini akan melihat hubungan antara kualitas kehidupan kerja dan stres kerja pada Marketing Officer perusahaan FMCG di Jakarta.Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Kualitas Kehidupan Kerja dan Stres Kerja. Teori mengenai Kualitas kehidupan Kerja berdasarkan gabungan dari beberapa penelitian sebelumnya, dan teori mengenai Stres Kerja berdasarkan pada Robbins (2003).Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur Kualitas Kehidupan Kerja dan Stres Kerja. Penelitian Kualitas Kehidupan Kerja merupakan penelitian payung dari beberapa profesi pekerjaan termasuk Marketing Officer perusahaan FMCG, sedangkan penelitian Stres Kerja merupakan penelitian mandiri. Pelaksanaan penelitian lapangan diberikan kepada 72 subyek yang memenuhi karakt ristik subyek penelitian.Karakterisik subyek penelitian antara lain berupa tenaga pemasar yang memiliki spesifikasi pekerjaan sebagai Marketing Officer pada perusahaan FMCG dan memiliki pengalaman di bidang pemasaran minimal 1 tahun. Berdasarkan hasil penelitian payung mengenai kualitas kehidupan kerja dan penelitian stres kerja, ditemukan bahwa semua faktor-faktor kualitas kehidupan kerja memiliki hubungan dengan stres kerja dan secara keseluruhan memiliki nilai korelasi signifikan yang cukup tinggi dan negatif. Melalui hasil penelitian ini juga didapatkan bahwa nilai rata-rata Mean pada faktor-faktor kualitas kehidupan kerja berada di atas rata-rata yang berarti faktor-faktor tersebut memiliki kecenderungan penting bagi Marketing Officer. Sedangkan Mean rata-rata pada stres kerja berada di bawah rata-rata yang berarti Marketing Officer cenderung mengalami stres kerja yang rendah. Dari hasil penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa jika faktor-faktor kualitas kehidupan kerja cenderung penting dan jika terpenuhi, maka stres kerja yang dialami akan rendah.Diharapkan penelitian ini dapat membantu perkembangan ilmu psikologi ataupun ilmu-ilmu yang berhubungan dengan pengembangan alat ukur kualitas kehidupan kerja bagi perusahaan di Jakarta. Bagi Marketing Officer, diharapkan dengan penelitian ini maka dapat meningkatkan performance mereka dan dapat menjadi masukan untuk penanganan stres kerja.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)