Strategi adalah rencana permainan untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai oleh unit bisnis. Strategi bersaing adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan menurut peran yang mereka mainkan di pasar sasaran dalam menghadapi situasi dan kondisi kompetitif di suatu lingkungan. Strategi bersaing distro Bloop dilihat dari strategi bersaing pemimpin pasar Philip Kotler, yaitu memperluas pasar keseluruhan, yaitu dengan mencari pemakai baru, kemudian penggunaan baru, serta penggunaan yang lebih sering. Strategi pemimpin pasar berikutnya adalah mempertahankan pangsa pasar, kemudian strategi bertahan dimana terdapat pertahanan posisi, pertahanan rusuk, pertahanan mendahului, selanjutnya pertahanan serangan balik, berikutnya pertahanan bergerak dan terakhir adalah pertahanan mundur. Strategi pemimpin pasar yang terakhir adalah strategi memperluas pangsa pasar. Distro Bloop telah melaksanakan strategi bersaing pemimpin pasar menurut Philip Kotler dengan baik walaupun belum maksimal. Seperti pada tindakan untuk memperluas pasar keseluruhan, distro Bloop tidak melakukan strategi penetrasi pasar. Hal ini dimungkinkan karena target pasar yang dipilih hanya dari kalangan remaja. Sedangkan dari strategi bertahan, distro Bloop hanya menggunakan dua dari enam strategi bertahan menurut Philip Kotler, yaitu pertahanan posisi dan pertahanan mendahului. |