Anda belum login :: 24 Apr 2025 22:06 WIB
Detail
BukuPenggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Bangun Datar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas 4 Sd Tarakanita 2 Jakarta
Bibliografi
Author: Handajati, Verena Pudji ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Verena Pudjihandayati undergraduated Theses.pdf (922.45KB; 24 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-025
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pelajaran Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan di setiap satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengembangkan aktifitas, kreatifitas yang melibatkan imajinasi, intuisi, penemuan dengan mengembangkan
pemikiran divergen orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba. Mata pelajaran ini juga mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, menyampaikan informasi dan mengkomunikasikan
gagasan. Mata pelajaran Matematika meliputi aspek penguasaan fakta – fakta konsep, prinsip-prinsip penalaran, keterampilan, komunikasi dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi matematika dengan
cara penerapan alat peraga, sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
menggunakan alat peraga dalam pelajaran matematika di kelas 4A dan 4C. Jumlah
siswa yang dilibatkan 65 orang. Alat peraga dalam Penelitian Tindakan Kelas ini lebih menitikberatkan pada keterampilan memecahkan masalah untuk menemukan keliling dan luas pada bangun datar yang terdiri atas bangun persegi, persegi
panjang dan segitiga. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan 3 kali kegiatan ( 3 siklus ) dan 1 kali
dalam bentuk post tes atau evaluasi menggunakan alat peraga. Hasil (temuan) dalam penelitian ini adalah (a) peningkatan prestasi para siswa terhadap mata pelajaran matematika, (b) siswa dapat menemukan pemecahan masalah dengan
strateginya sendiri. Diharapkan ada kemauan para guru untuk menerapkan alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran di, khususnya kelas yang prestasi belajar matematikanya kurang atau belum mencapai
kompetensi dasar. Siswa yang prestasinya menurun pada akhirnya akan membuat
masalah tersendiri bagi siswa dan menyebabkan pencapaian hasil belajar tidak maksimal.
Mengingat pentingnya keterampilan memecahkan masalah yang sungguh diperlukan dalam proses perkembangan anak dalam kehidupan sehari-hari, maka kemampuan bereksperimen, menemukan strategi perlu mendapat perhatian para
guru untuk terus di kembangkan dan juga dapat dimulai dari kelas awal. Karena dengan menggunakan alat peraga diharapkan ketrampilan memecah masalah dapat dimiliki setiap siswa. Karena alat peraga mengarahkan siswa lebih melihat benda kongkrit atau nyata yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)