Anda belum login :: 01 May 2025 08:22 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Tipe-Tipe Potensi Kreativitas dengan Prestasi Kerja pada Karyawan Biro Iklan (Studi pada Departemen Kreatif)
Bibliografi
Author: KRISTIANI, YANA ; EMILIANA, HEDWIG (Advisor)
Topik: Tipe-Tipe Potensi Kreativitas
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yana Kristiani's Undergraduate Theses.pdf (568.82KB; 54 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-959
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk melihat hubungan antara tipe potensi kreativitas dengan prestasi kerja pada karyawan biro iklan. Penelitian ini dilakukan pada bagian Departemen Kreatif biro (tim kreatif) iklan dengan melihat berbagai tuntutan kerja yang dihadapinya berkaitan dengan kreativitas serta adanya asumsi yang kontradiktif mengenai perilaku kerja para tim kreatif sehubungan dengan sifat seniman yang melekat dalam diri mereka.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat ukur penelitian adaptasi dari Creative Potential Profile Test untuk variabel tipe-tipe potensi kreativitas (intuitive, innovative, imaginative dan inspirational) dan alat ukur prestasi kerja dengan mengacu pada aspek-aspek penilaian pretasi kerja dari tiga biro iklan yang memiliki eksistensi tinggi di Jakarta, dengan tujuan mewujudkan efektifitas dan efisiensi biro iklan. Jenis penelitian adalah korelasional yaitu melihat hubungan antara dua variabel, dengan melihat total skor dari masing-masing tipe potensi kreativitas untuk variabel pertama dan menghubungkan dengan total skor prestasi kerja sebagai variabel kedua. Subjek penelitian adalah karyawan dan karyawati biro iklan yang tergabung dalam Departemen Kreatif dengan beberapa karakteristik yang telah ditentukan, dengan jumlah 32 orang.Hasil penelitian ini diolah dengan tehnik analisis statistik pearson product moment untuk menguji 4 hipotesis yang diajukan. Hasilnya mengatakan ada hubungan yang signifikan antara tipe potensi kreativitas imaginative dan tipe potensi kreativitas inspirational dengan prestasi kerja. Bentuk korelasi yang terjadi adalah korelasi negatif atau berbanding terbalik pada tipe potensi imaginative dan korelasi positif atau berbanding sejalan pada tipe potensi inspirational, dimana cara menginterpretasikannya dikembalikan kepada jenis alat ukur dan teori yang menjadi acuan.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara tipe potensi kreativitas imaginative dan tipe potensi kreativitas inspirational dengan prestasi kerja. Sementara tipe potensi kreativitas mayoritas subjek penelitian adalah cenderung pada tipe innovative, yang ternyata sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan pada karyawan dan karyawati tim kreatif biro iklan jika melihat tuntutan dan spesifikasi pekerjaan mereka. Kemudian keseluruhan subjek pada umumnya dinilai memiliki prestasi kerja yang cukup atau sedang. Maka saran yang dapat diberikan adalah, perusahaan harus mulai mensosialisasikan sistem penilaian prestasi kerja sebagai proses feedback bagi kreativitas para karyawan. Kemudian untuk proses rekruitmen dapat mulai mempertimbangkan untuk mengutamakan individu-individu dengan kedua kombinasi tipe tersebut, yaitu tipe maginative dan innovative dalam proses rekruitmen. Selain itu dapat juga dapat mengadakan pelatihan dengan fokus pada menumbuhkembangkan dua tipe (imaginative, dan innovative). Sehingga potensi kreativitas sumber daya yang ada dapat diberdayakan secara maksimal sesuai dengan bidang kerjanya..
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)