Situasi perekonomian yang terjadi di Indonesia saat ini membuat persaingan dalam dunia usaha menjadi sangat ketat dan memaksa perusahaan untuk terus meningkatkan penjualan melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Salah satu perusahaan yang menghadapi persoalan ini adalah PT.Makro Indonesia. Karena banyaknya para pesaing, maka PT. Makro Indonesia perlu menetapkan strategi promosi yang tepat untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi promosi yang dapat digunakan adalah melalui iklan. Dalam efektifitas iklan terdapat empat aspek untuk mengukur, yaitu aspek perception, learning, persuasion, dan behavior. Sedangkan dalam pengambilan keputusan konsumen, digunakan iklan makro mail sebagai alasan untuk berbelanja di Makro. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif dan data dianalisis dengan menggunakan alat bantu Microsoft Excel dan Windows SPSS versi 12.0 . Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Spearman untuk melihat hubungan antara variabel efektifitas iklan dan pengambilan keputusan konsumen. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terlihat bahwa terdapat hubungan antara efektifitas iklan dengan pengambilan keputusan konsumen untuk berbelanja ke Makro Bekasi, namun hubungan kedua variabel itu rendah dimana rs = 0,273, tapi tetap terdapat hubungan. Oleh karena itu perusahaan dapat menggunakan alat promosi lain seperti iklan di koran atau majalah untuk dapat lebih mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk berbelanja di Makro Bekasi. |