Pada saat ini banyak sekali kafe-kafe yang menyajikan makanan dan minuman dengan berbagai ciri khasnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap pemilik kafe untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kafe-kafe yang ada. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap Kafe Excelso atau Starbucks Coffee. Dalam mengumpulkan data penulis menyebarkan 100 kuesioner dengan menggunakan metode convenience sampling, pada tanggal 7 November sampai 15 Novermber 2005 di Plaza Indonesia, Jakarta. Untuk menganalisis data, digunakan perhitungan MS (Mean Score) dan OMS (Overall Mean Score). Adapun atribut-atribut yang dianalisis adalah : rasa minuman, rasa makanan, harga minuman, harga makanan, variasi minuman, variasi makanan, karyawan yang ramah, karyawan yang cepat tanggap, kenyamanan, dan lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) atribut-atribut yang mempengaruhi persepsi responden terhadap Kafe Excelso adalah variasi menu minuman yang beragam, variasi menu makanan, diikuti dengan harga minuman dan makanan, (2) atribut-atribut yang mempengaruhi persepsi responden terhadap Starbucks Coffee adalah lokasi, rasa minuman, kenyamanan, rasa makanan, karyawan yang ramah dan karyawan yang cepat tanggap, dan (3) responden lebih menyukai Starbucks Coffee daripada Excelso. |