Masalah yang dihadapi merek AQUA saat ini adalah adanya generalisasi terhadap merek yang telah mereka bangun menjadi suatu nama generik. Penulis berusaha untuk mengangkat fenomena ini kedalam suatu penelitian dengan tujuan mencari hubungan antara merek generik dengan tingkat awareness dan loyalitas konsumen air mineral AQUA. Dari paparan diatas, penulis tertarik untuk meneliti, (1) Hubungan Merek Generik dengan Tingkat Awareness, dan (2) Hubungan Merek Generik dengan Tingkat Loyalitas. Untuk menjawab dua permasalahan diatas digunakan metode analisis statistik korelasi untuk mencari hubungan antara kedua variabel tersebut. Karena data yang dikumpulkan merupakan data non parametrk sehingga penulis menggunakan metode Spearman dan Kendall dalam analisis tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel merek generik dengan variabel tingkat awareness konsumen AQUA dalam korelasi yang positif. Untuk hubungan antara merek generik dengan tingkat loyalitas konsumen AQUA, didapatkan hasil yang menunjukkan hubungan yang signifikan pula antara merek generik dengan loyalitas, namun berkorelasi negatif. Sebagian besar konsumen merek AQUA hanya membeli berdasarkan kebiasaan semata (Habitual Buyer). Probability of Transition (ProT) merek AQUA juga sangat tinggi. Hal ini menunjukkan ketidakloyalan konsumen pada produk AQUA ini sangat tinggi, karena mereka mengkonsumsi AQUA hanya karena kebiasaan. |