Anda belum login :: 03 Jun 2025 17:02 WIB
Detail
BukuPENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM (STUDI DI KELAS IV SD SANTO YAKOBUS KELAPA GADING JAKARTA UTARA)
Bibliografi
Author: Suwarjiyono, Yohanes Leonardus ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Media power point; hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yohanes Leonardus Suwarjiyono's Undergraduate Theses.pdf (421.07KB; 37 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil:
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran dan dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan menimbulkan motivasi belajar sehingga dapat mendorong
terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan penggunaan
media pembelajaran siswa lebih aktif mengikuti pelajaran, untuk itu guru
diharapkan menguasai cara penggunaan berbagai media pembelajaran akan lebih
baik lagi apabila guru dapat membuat media pembelajaran sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial siswa kelas IV di SD Santo Yakobus dengan menggunakan
media pembelajaran power point. Hal ini dikarenakan hasil belajar siswa
khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial belum maksimal, metode pembelajaran yang
digunakan guru Ilmu Pengetahuan Sosial biasanya dengan cara ceramah, karena
metode ceramah tidak sesuai untuk penyampaian materi pelajaran tentang sumber
daya alam yang sebagian besar materi pelajarannya bersifat konkret.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
mengenai penggunaan media pembelajaran power point untuk meningkatkan
kinerja subyek peneliti dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 4 A
dengan jumlah siswa 39 orang di Sekolah Dasar Santo Yakobus Kelapa Gading
Jakarta Utara.Penelitian tindakan kelas direncanakan dua kali. Pelaksanaan penelitian
tindakan kelas pertama pada hari Jumat 22 September 2006. Dalam tindakan
pelaksanaan juga dilakukan observasi yang dilakukan oleh guru sejawat serta 11
siswa. Siswa juga melaksanakan pretes dan pos tes. Ternyata dari 31 slide, ada
revisi 24 slide (77,4 %) dan 7 slide tetap. Hasil pre test dari 39 siswa: 7anak
(17.95%) mendapat nilai kurang, 13 anak (33.33 %) mendapat nilai sedang dan 19
anak (48.72%) mendapat nilai baik. Sedangkan hasil pos tes I: 9 siswa (23.08 %)
mendapat nilai sedang, 30 siswa (76.92 %) mendapat nilai baik. Karena penulis
merasa belum puas dengan hasil belajar siswa dan kinerja guru khususnya dalam
pembuatan media pembelajaran power point. Penulis kemudian melaksanakan
penelitian tindakan kelas kedua pada hari Senin 20 Oktober 2006. Dari hasil
observasi dan hasil pos test II dari 39 siswa : 1 anak (2.56%) mendapat nilai
sedang dan 38 anak (97.44 %) mendapat nilai baik.
Dengan membandingkan hasil pos tes I dan pos tes II dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media pembelajaran power point dapat meningkatkan hasil
belajar IPS dengan pokok bahasan Sumber Daya Alam siswa kelas 4A SD Santo
Yakobus Kelapa Gading. Oleh karena tujuan penelitian kelas ini untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 4A dan hal ini telah tercapai maka
penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai.
Mengingat pentingnya media pembelajaran diperlukan untuk membantu
dalam proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, maka guru sebaiknya
menyiapkan media pembelajaran yang tepat saat akan melakukan proses
pembelajaran sehingga hasil belajar siswa maksimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)