Anda belum login :: 03 Jun 2025 16:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam (Studi di Kelas IV SD SANTO YAKOBUS Kelapa Gading Jakarta Utara)
Bibliografi
Author:
Suwarjiyono, Yohanes Leonardus
;
Agustian, Murniati
(Advisor)
Topik:
Media power point
;
hasil belajar
;
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yohanes Leonardus Suwarjiyono's Undergraduate Theses.pdf
(421.07KB;
36 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-022
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan menimbulkan motivasi belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan penggunaan media pembelajaran siswa lebih aktif mengikuti pelajaran, untuk itu guru diharapkan menguasai cara penggunaan berbagai media pembelajaran akan lebih baik lagi apabila guru dapat membuat media pembelajaran sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV di SD Santo Yakobus dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini dikarenakan hasil belajar siswa khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial belum maksimal, metode pembelajaran yang digunakan guru Ilmu Pengetahuan Sosial biasanya dengan cara ceramah, karena metode ceramah tidak sesuai untuk penyampaian materi pelajaran tentang sumber daya alam yang sebagian besar materi pelajarannya bersifat konkret.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas mengenai penggunaan media pembelajaran power point untuk meningkatkan kinerja subyek peneliti dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas 4 A dengan jumlah siswa 39 orang di Sekolah Dasar Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara.
Penelitian tindakan kelas direncanakan dua kali. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas pertama pada hari Jumat 22 September 2006. Dalam tindakan pelaksanaan juga dilakukan observasi yang dilakukan oleh guru sejawat serta 11 siswa. Siswa juga melaksanakan pretes dan pos tes. Ternyata dari 31 slide, ada revisi 24 slide (77,4 %) dan 7 slide tetap. Hasil pre test dari 39 siswa: 7anak (17.95%) mendapat nilai kurang, 13 anak (33.33 %) mendapat nilai sedang dan 19 anak (48.72%) mendapat nilai baik. Sedangkan hasil pos tes I: 9 siswa (23.08 %) mendapat nilai sedang, 30 siswa (76.92 %) mendapat nilai baik. Karena penulis merasa belum puas dengan hasil belajar siswa dan kinerja guru khususnya dalam pembuatan media pembelajaran power point. Penulis kemudian melaksanakan penelitian tindakan kelas kedua pada hari Senin 20 Oktober 2006. Dari hasil observasi dan hasil pos test II dari 39 siswa : 1 anak (2.56%) mendapat nilai sedang dan 38 anak (97.44 %) mendapat nilai baik.
Dengan membandingkan hasil pos tes I dan pos tes II dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran power point dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan pokok bahasan Sumber Daya Alam siswa kelas 4A SD Santo Yakobus Kelapa Gading. Oleh karena tujuan penelitian kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 4A dan hal ini telah tercapai maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai.
Mengingat pentingnya media pembelajaran diperlukan untuk membantu dalam proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, maka guru sebaiknya menyiapkan media pembelajaran yang tepat saat akan melakukan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa maksimal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)