Viva merupakan salah satu produk kosmetika di Indonesia yang sudah berada pada persaingan industri kosmetika lebih dari 40 tahun. Untuk terus dapat bertahan di persaingan yang ketat ini, Viva harus terus menjalankan strateginya yang diharapkan dapat meningkatkan ekuitas mereknya. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk meneliti empat variabel ekuitas merek dari Viva yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis, dengan mengambil responden sebanyak 100 orang responden wanita di Mal Puri Indah dan perhitungan dari data menggunakan teknik Overall Mean Score (OMS). Setelah didapatkan OMS dari atribut-atribut yang diteliti kemudian dicari Overall Mean Score Total (OMS Total) untuk mengukur letak rata-rata penilaian responden dari variabel ekuitas merek yang diteliti. Setelah dilakukan analisis, maka didapatkan hasil OMS Total kesadaran merek sebesar 3,58 yang berada pada rentang baik, OMS Total asosiasi merek sebesar 3,52 yang berada pada rentang baik, OMS Total persepsi kualitas sebesar 3,63 yang berada pada rentang baik dan OMS Total loyalitas merek sebesar 3,38 yang berada pada rentang cukup. |