Informasi adalah faktor yang amat bernilai dan selalu bergerak secara konstan dan dinamis. Informasi diperlukan oleh berbagai kalangan. Salah satu cara yang paling umum untuk mendapatkan informasi terbaru adalah dengan menggunakan media cetak. Di Indonesia telah banyak media cetak yang telah beredar, baik itu berupa surat kabar , majalah maupun tabloid. Ketatnya persaingan yang ada membuat surat kabar Kompas harus bergerak dinamis melakukan perubahan dengan tetap mempertahankan keunggulan yang telah ditanamkan sejak dahulu. Maka dari pada itu, Kompas melakukan perubahan. Dengan mengusung slogan atau positioning Kompas Lintas Generasi maka Kompas melakukan enam perubahan tampilan yang tampak nyata yakni perubahan pada ukuran kertas, struktur halaman, jenis dan besar huruf, tata wajah, cara penulisan dan logo. Perubahan yang telah dilakukan harus mampu di respon secara positif oleh pembaca Kompas. Penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif, karena bertujuan untuk mengetahui apakah Kompas Lintas Generasi dapat di persepsikan positif di berbagai kalangan masyarakat. Dan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara mendalam pada khalayak responden Mal Kelapa Gading yang di bagi menjadi empat generasi yakni pelajar, mahasiswa, wanita dewasa dan pria dewasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan yang dilakukan Kompas dapat di persepsikan positif. |