Pada saat ini banyak sekali produsen shampoo yang saling bersaing untuk merebut konsumen yang ada dipasar. Ketatnya persaingan didalam industri ini menuntut perusahaan untuk lebih teliti dalam melihat perkembangan selera konsumen. Oleh sebab itu, pilihan konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan karena tanpa adanya pilihan konsumen perusahaan akan sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan. Sehubungan dengan hal itu, penulis melakukan penelitian dengan topik: Analisis Pilihan Konsumen terhadap shampo Sunsilk atau shampo Pantene, Studi Kasus di Wilayah Karet, Jakarta Selatan (The Analysis of The Consumer Preferences Toward Sunsilk Shampoo or Pantene Shampoo, Case Study at Karet Area, South Jakarta). Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui library research serta field research, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 warga yang tinggal di wilayah Karet-Jakarta Selatan, pada tanggal 15 Oktober 2005 sampai dengan 28 Oktober 2005 dengan metode convenience sampling. Dalam hal menganalisis data digunakan analisis statistik Mean Score (MS) dan Overall mean Score (OMS). Adapun atribut-atribut yang dianalisis adalah kualitas produk, aroma atau wangi, desain kemasan, informasi pada bagian belakang produk, variasi produk, harga, promosi, serta kemudahan untuk mendapatkan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa responden lebih memilih shampo Sunsilk. |