Restoran adalah suatu jenis usaha yang didirikan oleh pemiliknya untuk menyediakan pelayanan berupa makanan dan minuman kepada para tamu yang mampu untuk membayar sejumlah harga yang telah ditentukan. Karena selain dari segi rasa, dalam restoran perlu juga diperhatikan pelayanan yang diberikan kepada pihak konsumen karena mereka telah membayar service tax dan berhak untuk mendapatkan pelayanan. Dalam penelitian ini, akan dibahas bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan restoran The Mango. Penelitian dilakukan dengan mengambil sample tamu restoran sebanyak 200 orang, dengan membagikan kuesioner yang berisi 19 pertanyaan. Hasil penelitian yang didapat menyatakan bahwa terdapat beberapa atribut yang dinilai tidak baik, yaitu : penataan interior, kecepatan menangani keluhan konsumen, waktu penyajian, kesabaran karyawan menghadapi tamu, kemampuan karyawan menjawab pertanyaan atau informasi tentang restoran, dan perhatian personal yang diberikan karyawan. Atas kekurangan tersebut, penulis mencoba untuk memberikan beberapa saran yang kiranya dapat membantu pihak restoran The Mango dalam memperbaiki kualitas pelayanan. |