Perusahaan asuransi sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai peranan panting dalam bidang jasa penanggungan resiko. Penulis menelaah fungsi prosedur pembayaran klaim mengingat pembayaran klaim merupakan salah satu kegiatan operasi perusahaan yang cukup penting. Pada pelaksanaan penelitian dan evaluasi, penulis titikberatkan pada pemahaman pengendalian intern dengan mengadakan wawancara pegawai yang terkait, membuat bagan arus, melakukan compliance test dan mengajukan internal control questionaire. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT Asuransi Bintang Tbk. Selama melakukan pemeriksaan, penulis berpendapat prosedur pengajuan pembayaran klaim asuransi telah dilakukan dengan cukup baik. Pemeriksaan dokumen dilakukan beberapa kali oleh pihak yang berbeda dan formulir pertanggungjawaban harus diisi oleh pihak yang memeriksa dan menyetujui klaim. Namun penulis menemukan beberapa kelemahan yang perlu mendapat perhatian pihak manajemen perusahaan. kelemahan ini telah penulis diskusika denga piha manajemen perusahaan terkait. |