Anda belum login :: 23 Apr 2025 19:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGEMBANGAN ALAT PEMBERSIH KACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Bibliografi
Author:
SIREGAR, HENRY JOSEF
;
Adiyatna, Hendra
(Advisor)
Topik:
Quality Function Deployment
;
House Of Quality
;
Part Deployment
;
Analisa Ekonomis.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Henry Josef Siregar's Undergraduate Theses.pdf
(1.42MB;
35 download
)
Abstract
Untuk mengembangkan suatu produk, kita memerlukan suatu metode agar pengembangan dapat diketahui dengan baik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), dimana pengertiannya adalah suatu metode yang mencakup untuk mengetahui kebutuhan apa yang diperlukan konsumen pada suatu produk, dan kebutuhan tersebut haruslah diintegrasikan pada spesifikasi-spesifikasi produk yang dikembangkan. Fungsinya, apabila produk tersebut telah diproduksi dapat laku di pasaran.
Quality Function Deployment (QFD) ini juga terdapat beberapa metode yang harus dilakukan, yakni mengindetifikasi kebutuhan konsumen dengan mengumpulkan data menggunakan alat kuesioner dan diteliti kelayakan data yang terkumpul tersebut dengan analisis statistik (uji validitas dan uji reliabilitas). Setelah didapatkan kebutuhan-kebutuhan responden terhadap suatu produk, maka diintegrasikan kebutuhan tersebut pada spesifikasi produk yang dikembangkan dengan menggunakan matriks perencanaan produk (House Of Quality), matriks perencanaan komponen (Part Deployment).
Dari penelitian yang sudah dijalankan ini terutama dengan menggunakan House Of Qualityterdapat output berupa kebutuhan-kebutuhan konsumen terhadap produk pembersih kaca yang belum dirasakan oleh konsumen terfokus pada jangkauan alat pembersih kaca, awet/tahan lama dan harga. Ketiga kebutuhan konsumen ini didasarkan atas segmentasi produk pada frekuensi responden dalam membersihkan kaca sebanyak 3 dan > 3 kali dalam sebulan. Pada penelitian ini, ketiga kebutuhan konsumen tersebut diwujudkan dengan pengembangan produk alat pembersih kaca berupa desain alat pembersih kaca yang mempunyai gagang terbagi menjadi dua seperti antena radio; desain sambungan yang menggunakan skrup+mur; serta penggunaan material plastik polipropilen. Untuk mendapatkan suatu produk alat pembersih kaca yang bercirikan tersebut, maka diperlukan beberapa target karakteristik komponen tertentu. Target karakteristik tersebut didapatkan dari hasil pengolahan dengan menggunakan metode Part Deployment, yang dimana difokuskan pada target karakteristik komponen berupa jenis material bagian kepala dan bagian gagang alat pembersih kaca. Pengembangan produk alat pembersih kaca yang telah dilakukan ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan konsumen terhadap produk alat pembersih kaca yang belum dirasakan oleh konsumen. Selain itu, apabila dilihat dari hasil analisa ekonomis yang telah dilakukan, maka didapatkan suatu keuntungan yang cukup lumayan per tahunnya, yakni sebesar Rp. 114.560.000 per tahunnya (kondisi cacat produksi 5%) dan Rp. 94.640.000 per tahunnya (kondisi cacat produksi 10%) yang dimana keuntungan tersebut mempunyai selisih yang kecil dibandingkan dengan investasi yang telah diperhitungkan. Sehingga pengusahaan memproduksi alat pembersih kaca ini dapat diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan yang berminat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)