Anda belum login :: 27 Jul 2025 15:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Persepsi antara Pria dan Wanita Terhadap Image Iklan Bertema Budaya (Studi Kasus Iklan Susu Kental Manis Frisian Flag)
Bibliografi
Author:
PURIDA M.Y.T. S., KATELIA
;
Kembaren, Esther Muliana
(Advisor)
Topik:
Persepsi
;
Iklan Bertema Budaya
;
Jenis Kelamin
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
katelia P.M's Undergraduate Theses.pdf
(1.3MB;
74 download
)
Katelia P.M's - INTISARI.pdf
(186.76KB;
0 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-955
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pertumbuhan industri periklanan di Indonesia menunjukan angka pertumbuhan yang cukup tinggi yakni 5,5% dengan nilai kapitalisasi sebesar 19 triliun rupiah. Pertumbuhan yang tinggi ini disatu sisi memberikan kontribusi positif bagi industri iklan itu sendiri namun disisi lain dari sudut pandang perusahaan hal ini menjadi sebuah tantangan baru. Hal ini dikarenakan perusahaan harus mampu menembus clutter informasi yang terjadi di masyarakat. Salah satu upaya menembus clutter informasi adalah dengan membuat iklan yang unik. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan unsur budaya sehingga memiliki stopping power untuk mendapat perhatian dari konsumen. Lebih lanjut didalam pasar itu sendiri konsumen terbagi kedalam berbagai variasi mulai dari usia, pekerjaan, tingkat pengeluaran, jenis kelamin, dan lain sebagainya.
Iklan yang digunakan adalah iklan bertema budaya yang dikeluarkan oleh Susu Kental Manis Frisian Flag yang telah terbukti menduduki tempat teratas pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2004 sebagai iklan yang paling efektif dalam membangun merek lewat survey yang dilakukan oleh MRI dan Spot iklan Susu Kental Manis Frisian Flag ini masih tayang di televisi sampai penelitian ini dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan persepsi antara kelompok pria dan wanita terhadap image iklan bertema budaya dari Susu Kental Manis Frisian Flag.
Mowen & Minor (1998) mengatakan “Perception is the process through which individuals are exposed to infomation, attend to that information, and comprehend it”. Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa persepsi konsumen dimulai dari kesadaran ia terhadap suatu informasi, perhatian terhadap informasi itu sendiri dan memberikan pengertian dari informasi tersebut.
Jenis penelitian ini adalah non eksperimental, dimana variabel-variabel dalam penelitian ini tidak dimanipulasi, melainkan sudah termanifestasi pada subjek penelitian yang hendak diukur dalam keadaan tersebut Kerlinger (1992). Lebih lanjut jenis penelitian ini bersifat komparatif artinya memperbandingkan antara persepsi kelompok pria dan kelompok wanita. Tehnik pengambilan sample penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah total sampel yang diambil adalah 100 responden terbagi atas 50 pria dan 50 wanita. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan 50 item pertanyaan yang terdiri dari 5 domain yakni bahasa, musik, aktor, pesan, dan iklan secara keseluruhan. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan perhitungan t-test.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan persepsi antara kelompok pria dan wanita terhadap image iklan bertema budaya dari Susu Kental Manis Frisian Flag. Hal ini sesuai dengan asumsi awal peneliti dan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)