PT BPR Rama Ganda adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan di mana kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito, kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Seperti bank lain pada umumnya, kredit merupakan pemberi kontribusi besar terhadap profit bank, selain itu, kredit juga menjadi masalah yang paling besar bagi bank bila terjadi kejanggalan di dalam prakteknya, sehingga diperlukan penanganan yang serius pada divisi ini. Untuk itulah penulis tertarik untuk melakukan penelitian di PT BPR Rama Ganda untuk melihat masalah-masalah apa saja yang biasa muncul ke permukaan dalam hal pemberian kredit bank. Pengumpulan bukti dilakukan dengan riset lapangan (Field Research) yaitu terjun langsung ke dalam praktek sehari-hari di PT BPR Rama Ganda serta mewawancarai orang-orang yang terlibat dalam praktek tersebut kemudian melakukan pengumpulan data dari perusahaan serta riset perpustakaan (Library Research) yaitu mencari buku-buku referensi di perpustakaan, mempelajarinya dan menjadikannya sebagai dasar teori untuk penyusunan skripsi ini. Setelah itu, penulis melakukan analisa data yang mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang ada di perusahaan di mana pengklasifikasiannya adalah pada struktur organisasi, prosedur perkreditan, dan formulir yang digunakan. Kemudian penulis berusaha memberikan saran kepada pihak manajemen perusahaan berdasarkan teori yang diperoleh dari riset perpustakaan. |