Alasan dilakukannya audit manajemen atas fungsi customer service pada PT Excelcomindo Pratama Tbk. adalah untuk menilai apakah pelaksanaan fungsi customer service PT Excelcomindo Pratama sudah efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pelanggan dan juga kepada pejabat customer service dari PT Excelcomindo Pratama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi customer service PT Excelcomindo Pratama sudah efektif dan efisien. PT Excelcomindo Pratama sudah memiliki tujuan dan sasaran untuk fungsi customer service dan juga telah memiliki perencanaan, organisasi dan pengendalian yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengidentifikasi beberapa masalah dan memberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi, (1) peningkatan kemampuan personil customer service dalam memberikan solusi permasalahan kepada pelanggan, (2) peningkatan kesigapan personil customer service dalam memberikan alternatif produk kepada pelanggan, (3) peningkatan fungsi customer service dalam menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat, (4) peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. |