Anda belum login :: 16 Apr 2025 11:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
The Effect of PBL Curriculum on Clinical Reasoning Acquistion : Study on GMU Medical Student's
Oleh:
Suryadi, Efrayim
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia vol. 02 no. 02 (Jun. 2007)
,
page 74.
Topik:
PBL
;
MEQ
;
clinical reasoning
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J38.K.01, J38.K.02
Non-tandon:
2 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Banyak anggapan bahwa kurikulum Problem based Learning (PBL) dapat meningkatkan retensi pengetahuan, meningkatkan ketrampilan umum dalam memecahkan masalah, membantu dalam mengintegrasikan ilmu biomedik dalam masalah klinik, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, serta mengembangkan kemampuan mengatur belajar mandiri. Namun banyak juga staff educatif menolak atau ragu-ragu melaksanakan PBL karena pelaksanaan kurikulum PBL memerlukan dukungan yang besar dan memadai yaitu waktu, tenaga dan fasilitas pembelajaran. Pada penelitian ini difokuskan pada hasil penerapan kurikulum PBL terhadap perkembangan kemampuan penalaran klinik. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post-facto, yang membandingkan mahasiswa kedokteran UGM tahun keempat antara yang mengikuti kurikulum full PBL dalam blok dan parsial PBL dalam modul. Modified Essay Question (MEQ), tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran klinik. Pengukuran dilakukan tehadap empat aspek yaitu kecukupan, kelengkapan, effisiensi, dan kemampuan menyeluruh dalam penalaran klinik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keempat aspek kemampuan penalaran klinik pada masiswa yanh mengikuti kurikulum full PBL lebih tinggi secara bermakna jika dibandingkan dengan yang mengikuti partial PBL. Perbedaan sangat mencolok terjadi terutama pada kelengkapan dan kemampuan menyeluruh.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)