Anda belum login :: 23 Jul 2025 23:06 WIB
Detail
BukuPENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT JANGKA PENDEK UNTUK MENCEGAH KREDIT MACET PADA PT. BANK PANIN TBK KANTOR CABANG
Bibliografi
Author: Agustina, Fitri ; MULYO, SASONGKO (Advisor)
Topik: Kredit
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Fitri Agustina's Undergraduated Theses.pdf (257.39KB; 32 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-2874
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang besar pengaruhnya dalam penyediaan dana bagi masyarakat, terutama bagi perkembangan hidup suatu badan usaha sehingga turut membantu dalam usaha meningkatkan perekonomian. Bank mempunyai peranan penting dalam pengumpulan dana dari masyarakat kemudian mendistribusikannya lagi ke dalam masyarakat serta berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran ( perantara keuangan ).
Bank menyalurkan “ idle money “ dari pihak yang berlebih untuk dimanfaatkan oleh pihak lain yang membutuhkan dengan jalan pemberian bantuan dalam bentuk pinjaman atau kredit, baik kepada perusahaan industri, perdagangan, jasa, maupun perorangan. Namun kadang kala pemberian kredit tersebut memiliki resiko macet yang sulit diduga sebelumnya. Sementara itu kehidupan suatu bank juga tergantung dari kelancaran atas pengembalian kredit yang diberikan kepada para nasabahnya. Untuk itu diperlukan penanganan dan kebijakan yang khusus serta memiliki sistem dan prosedur dalam pemberian kredit yang mencerminkan pengendalian intern yang handal sehingga tujuan atau sasaran yang ditetapkan oleh bank dapat tercapai yaitu profitability ( mempunyai hasil dari kredit berupa bunga ) dan safety ( keamanan dana yang dipinjamkan).
Dari analisis yang dilakukan, maka penulis berkesimpulan bahwa secara keseluruhan sistem pengendalian intern atas prosedur pemberian kredit pada PT. Bank Panin Tbk sudah cukup baik. Namun dalam beberapa hal penulis masih menemukan beberapa kelemahan. Maka penulis berharap beberapa saran perbaikan yang diberikan dapat dijadikan masukkan sebagai alternatif penyelesaian dengan harapan dapat meningkatkan mutu dari pelaksanaan sistem pengendalian intern perusahaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)