Anda belum login :: 23 Jul 2025 20:19 WIB
Detail
ArtikelPersepsi dan Penyikapan Peserta Didik SD AL Muslim Sidoarjo terhadap Pemanfaatan Siaran Televisi Edukasi (TVE) dalam Pembelajaran  
Oleh: Martiningsih, Rr.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 11 no. 22 (Dec. 2007), page 64-79.
Topik: TVE; Pembelajaran; Persepsi dan Penyikapan Terhadap Siaran TVE.
Fulltext: 64.pdf (133.94KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSebagai media, televisi memiliki empat fungsi, yakni fungsi komersial, hiburan, informasi, edukasi. Sayangnya, fungsi yang terakhir, yakni edukasi, kerap terabaikan. Sebagai penyeimbang membeludaknya acara hiburan, kini televisi edukasi menjadi penting. Mengacu pada pandangan bahwa anak-anak lebih mudah meniru melakukan hal-hal yang dilihat ketimbang hal-hal yang didengar, maka efek positif televisi bagi perkembangan intelektual anak bisa dioptimalkan. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) telah mencanangkan dimulainya siaran Televisi Edukasi (TVE) pada tahun 2003. Harapannya tentu saja televisi edukasi dapat menambah wawasan di samping sebagai sumber belajar yang datang menghapiri anak-anak. Karena itulah, tulisan ini mencoba berbagi informasi tentang pengalaman Lembaga Pendidikan Al Muslim, khususnya para peserta didik SD dalam memanfaatkan siaran TVE, baik yang berkaitan dengan persepsi maupun pennyikapan mereka terhadap siaran TVE. Diharapkan tulisan ini dapat menjadi salah satu masukan dalam upaya untuk lebih meningkatkan pemanfaatan siaran TVE oleh sekolah dan peserta didik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)