Anda belum login :: 06 Jun 2025 14:58 WIB
Detail
ArtikelPenggunaan Mathcad untuk Visualisasi Getaran dan Gerak Gelombang Dalam Pembelajaran Fisika  
Oleh: Sumardi, Yosaphat
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 14 no. 2 (Apr. 2004), page 153-163.
Topik: Mathcad; Visualisasi; Getaran dan Gerak Gelombang
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKomputer merupakan instrumen yang mempunyai peranan penting dalam dalam fisika. Penggunaan komputer dalam fisika dapat dibagi menjadi lima kategori, yaitu: anatisis numerik, manipulasi simbolik, simuIasi, pengumpulan dan anailsis data, dan visualisasi. Pengembangan Computer Assisted Instruction (CAI) dalam pembelajaran fisika nzerupakan konsekuensi yang logis. Mathcad merupakan program aplikasi yang dapat digunakan untukperhitungan matematis dengan lambang-lambang konvensional. Program aplikasi ini dapat menyajikan data dalam bentuk grafik dan tabel. Dalam bidang sains dan rekayasa Mathcad dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan “what-if”; parameter atau variabel dapat diubah-ubah dan hasilnya segera terlihat pada layar monitor Kemampuan Mathcad tersebut dapar digunakan untuk analisis dan visualisasi getaran dan gerak geloinbang. Beberapa pokok bahasan yang dapat dianalisis dan divisualisasikan adalah gerak harmonik sederhana, layangan, dan interferensi gelombang yang berasal dari dua sumber identik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)